Cara Foto Kembang Api Menggunakan Kamera Handphone

Kembang api memeng begitu indah dilihat pada malam hari, apa lagi saat  ada pesta kembang api seperti pada perayaan tertentu. Beberapa orang pasti ingin mengabadikannya saat melihat pesta kembang api tersebut melalui sebuah foto. Bagi kamu yang ingin memfotonya dan tidak memiliki kamera professional seperti kamera DSLR untuk mengabadikan kembang api tersebut dan hanya memiliki handphone berkamera. Atau memang ingin memfotonya menggunakan kamera handphone silakan simak tutorial berikut. Sebelum memotret kembang api menggunakan kamera handphone sebaiknya persiapkan peratan seperti berikut ini :

Peralatan Yang Diperlukan Memfoto Kembang Api Menggunakan Handphone :

1. Aplikasi kamera untuk handphone.

Untuk memfoto kembang api menggunakan kamera handphone saya sarankan kamera handphone kamu memiliki pengaturan manual, meliputi iso, shutter speed, dan manual fokus. Jika handphone kamu tidak memiliki pengaturan manual yang disebukan diatas kamu bisa download aplikasi kamera di store handphone kamu masing – masing. Misalnya Top Camera untuk iOS, Zoom Camera atau Camera FV-5 untuk android, sedangkan untuk windows phone atau windows 10 mobile bisa menggunakan Lumia camera atau windows kamera untuk windows 10 mobile.

2. Tripod lengkap dengan holdernya.

Tripod dan holdernya

Karena kita akan menggunakan slow shutter sebaiknya gunakan tripod lengkang dengan holdernya agar yang didapat lebih tajam atau tidak shake. Jika terpaksa tidak memilikinya kamu bisa bersandar pada pagar atau tiang yang ada disekitar agar tidak terlalu goyang saat mengambil foto. Tapi alangkah baiknya jika menggunakan tripod.

Cara Memfoto Kembang Api Menggunakan Handphone :

Jika semua peralatan sudah siap saatnya hunting foto kembang api. Saat kamu akan memfoto kembang api carilah informasi yang akan mengadakan pesta kembang api. Pastikan posisi kamu jangan terlalu dekat dan jauh dengan tempat dimana pesta kembang api tersebut berada. Maksudnya kamu jangan memfoto kembang api jangan tepat posisi kembang api berada tepat di atas kamu. Komposisikan dengan pemandangan yang berada disekitar pesta kembang api tersebut akan membuat foto kamu lebih bagus. Serta pastikan jangan terlalu dekat dengan lampu penerangan.

Untuk pengaturan kamera saat akan memfoto kembang api gunakan ISO 100, shutter speed antara 0.5 – 4 detik (bisa dicoba – coba sendiri sesuai cahaya yang berada di tempat kamu saat memfoto kembang api). Dan untuk manual fokus posisikan pada tak terhingga atau infinity. Pastikan flash dalam keadaan mati, karena akan menggagu.

Cara Foto Kembang Api Menggunakan Kamera Handphone - 4

Dari settingan kamera diatas pada kamera handphone Nokia Lumia 1020 saya menghasilkan gambar seperti ini :

Cara Foto Kembang Api Menggunakan Kamera Handphone - 2

Lihat full size di flickr

Dan saat terpaksa memfoto kembang api dekat dan ada lampu penerangan karena kalau dari jauh tertutup pohon atau gedung, pastikan jangan sampai ada lampu penerangan yang terlihat pada foto. hasilnya seperti ini :

NB : disamping kiri pada foto dibawah ini terlihat lampu penerangan berusaha untuk menghindarinya.

Cara Foto Kembang Api Menggunakan Kamera Handphone - 3

Lihat full size di flickr

Cara Foto Kembang Api Menggunakan Kamera Handphone - 1

Lihat full size di flickr

Sebenarnya memfoto kembang api ini gampang – gampang susah, jika tempat nyala kembang api tidak menentu. Serta bila settinagn shutter speed terlalu lama dan nyala kembang api terlalu banyak maka akan menghsilkan foto kembang api terlalu over.

Jadi sudahkah kamu mencoba memfoto kembang api menggunakan handphone?. Silakan bagikan pengalaman kamu pada kolom komentar.

Related Articles