Cara Foto Light Trails Menggunakan Kamera Handphone

Foto light trails atau disebut juga jejak (berkas) cahaya lampu merupakan foto dengan obyek utama adalah lampu yang bergerak, seperti lampu pada kendaraan yang sedang berjalan pada malam hari. Teknik dasar yang digunakan untuk cara foto light trails menggunakan kamera handphone ini adalah long exposure.

Peralatan Yang Diperlukan Untuk foto Light Trails :

1. Handphone yang berkamera

Saya sarankan kamu menggunakan handphone yang memiliki mode manual, karena saat proses foto light trails sangat memerlukannya.

2. Tripot

Tripot mini

Karena untuk memfoto light trail menggunakan settingan long exposure saya rekomendasikan untuk mengunakan tripot agar lebih stabil, dan foto yang dihasilkan lebih berkualitas. Jika kamu tidak memiliki tripot peganglah handphone saat mengambil gambar se setabil mungkin.

3. Tripot holder handphone

Holder tripod handphone

Tripot hoder atau juga bisa disebut holder tongsing (holder yang terdapat pada tongsis) fungsinya untuk pegangan atau menghubungkan antara handphone dengan tripod.

4. ND filter (opsional)

ND Filter

ND filter fungsinya untuk mengurangi cahaya yang masuk ke sensor kamera, jadi kamu bisa menggunakan settingan sutter speed yang lebih lama. Sebenarnya ND filter yang saya maksud ini untuk kamera DSLR, dan cara memasangnya pada handphone kamu bisa menggunakan isolasi, tempelkan ND filter di depan lensa handphone kemudian di isolasi dan pastikan lensa ND filter menutupi kamera secara sempurna dan cahaya tidak bocor, saya sarankan menggunakan isolasi yang tidak transparan misalnya warna hitam gelap. Jika kamu tidak menggunakan ND filter biasanya saat foto malam hari di jalanan menggunakan shutter speed 1 detik dan ISO 100 sudah mendapatkan foto yang cukup terang.

Jika semua peralatan sudah siap cari spot yang bagus misalnya di jembatan penyebrangan, serta jalan yang hendak kamu foto jangan saat kondisi macet dan jangan juga terlalu sepi. Sebaiknya carilah jalan yang ramai dan lancar.

Proses Pengambilan Foto Light Trails Menggunakan Handphone.

Saat proses pengambilan foto lebih mengarah ke setting manual pada kamera. Intinya kamu harus menggunakan ISO se kecil mungkin untuk mengurangi noise, dan menggunakan shutter speed selama mungkin tujuannya agar bekas cahaya pada lampu kendaraan tersebut semakin banyak dan panjang. Serta jangan sampai foto yang dihasilkan terlalu terang (over).

Pada contoh kali ini saat tanpa menggunakan ND filter saya mendapat settingan ISO 100, shutter speed 1 detik. Dan menghasikan gambar seperti dibawah ini :

Membuat foto light trails - 1

Kemudian yang kedua saya menggunakan ND filder yaitu ND 8 dan saya menggunakan settingan manual pada kamera yaitu dengan ISO 100 dan shutter speed 4 detik. Intinya semakin besar nilain ND filter yang digunakan akan semakin kurang cahaya yang masuk ke kamera dan juga akan mendapatkan shutter speed yang lebih lama. Dan hasil foto saat menggunakan ND 8 seperti ini :

Cara foto light trails menggunakan kamera handphone

Jika kamu mengalami kesulitan atau pertanyaan seputar tutorial cara foto light trails menggunakan kamera handphone ini silakan sampaikan pada kolom komentar.

Related Articles