Tips Foto Menggunakan Kamera Handphone

Tips Foto Menggunakan Kamera Handphone

Bagi kamu yang sedang belajar fotografi menggunakan menggunakan handphone pasti beberapa tips ini sangat berguna buat kamu. Supaya hasil foto kamu bagus dan berkualitas maka kamu harus melakukan beberapa tips foto menggunakan kamera handphone, berikut ini adalah tips – tipsnya :

Lensa Luar Kamera Handphone Harus Bersih.

Kebersihan lensa kamera handphone sebelum mengambil foto sangat penting, karena pantulan cahaya objek yang diambil sebelum masuk ke sensor kamera akan melalui lensa terlebih dahulu. Jika lensa tersebut kotor maka cahaya yang masuk ke sensor kamera akan terganggu atau kurang maksimal sehingga mengakibatkan hasil foto yang kurang fokus, jelek, atau flare. Sebaiknya sebelum mengambil foto bersihkan lensa luar kamera handphone menggunakan kain yang halus, bila perlu gunakan cairan untuk pembersih kacamata atau lensa.

Jangan Menggunakan Digital Zoom.

Kamera handphone kebanyakan menggunakan digital zoom, namun ada beberapa kamera handphone yang menggunakan optical zoom (contohnya Samsung Galaxy K Zoom) dan lossless zoom (contohnya Nokia Lumia 1020). Jika kamera kamu menggunakan digital zoom bila ingin memfoto dengan objek yang cukup jauh jika memungkinkan untuk mendekat maka sebaiknya kamu mendekatlah, karena bila menggunakan digital zoom maka kualitas foto kamu akan menurun bahkan akan terlihat jelek.

Perhatikan Fokus.

Sebelum menyentuh atau menekan tombol shutter sebaiknya kamu lihat terlebih dahulu apakah foto yang akan diambil sudah benar – benar fokus atau belum. Biasanya pada kamera handphone terdapat tiga pilihan untuk mendapatkan fokus yaitu dengan auto fokus, tap fokus (sentuh fokus), dan manual fokus. Sebaiknya dari tiga pilihan tersebut gunakan tap fokus atau manual fokus (sesuai dengan kondisi pencahayaan), bila cahaya sangat minim dan kamera handphone kesulitan untuk mencari fokus sebaiknya gunakan manual fokus. Kamu juga bisa gunakan teknik depth of field (dof) untuk mendapatkan foto yang fokus pada bagian objek tertentu saja dan background menjadi blur. Namun pada kamera handphone untuk mendapatkan background yang blur dan objek yang fokus kamu harus mendekat pada objek tersebut, dan jarak background dengan objek yang difoto dengan jarak yang sejauh – jauhnya. Karena objek yang difoto harus dekat maka biasanya objeknya adalah objek yang kecil seperti serangga atau bunga.

Atur Resolusi Kamera Tertinggi.

Resolusi kamera satuannya adalah pixel, misalnya bila kamera handphone kamu mempunyai resolusi 13 MP (Mega Pixel) maka itulah resolusi tertinggi kamera handphone kamu. Untuk hasil foto dengan kualitas terbaik adalah gunakan resolusi tertinggi tersebut, namun bila kamu menggunakan resolusi tertinggi maka ukuran file foto yang dihasilkan akan lebih besar dan akan memakan ruang memori yang lebih besar.

Gunakan Rule of Thirds.

Rule of Thirds

Rule of thirds disebut juga aturan spertiga yaitu petunjuk untuk memosisikan objek di sepertiga bagian foto agar lebih enak dilihat. Serta hasil foto kamu agar dapat telihat lebih seimbang. Pada rule of thirds mempunyai empat titik pertemuan garis (contohnya yang ditandai lingkaran merah diatas), menurut teori rule of thirds ketika kita menempatkan objek pada salah satu titik tersebut maka hasil foto akan lebih enak dilihat.

Gunakan Setting Manual Pada Kamera.

Supaya hasil foto kamu lebih bagus sebaiknya kamu gunakan setting manual pada kamera seperti ISO, Shutter Speed, dan pencahayaan. Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu ISO dan Shutter Speed silakan kunjungi postingan memahami ISO, Shutter Speed, dan Apreture. Dengan menggunakan setting manual kamu juga bisa mendapatkan foto yang lebih unik dari pada menggunakan auto.

Perhatikan Pencahayaan.

Sebaiknya saat kamu mengambil foto menggunakan handphone jangan menggunakan flash, tetapi memanfaatkan cahaya alami disekitar kamu. Gunakan flash jika memang diperlukan saja seperti cahaya yang terlalu minim yang tidak memungkinkan untuk difoto. Sebagai catatan cahaya flash dari handphone kamu jangkauannya sangat terbatas, jadi tidak mungkin bila ingin memfoto pada tempat yang gelap dengan objek yang jauh menggunakan flash bawaan. Untuk menangani masalah seperti ini gunakan pengaturan atau settingan manual pada kamera.

Momen, Imajinasi, dan Kreativitas.

Momen sangat penting untuk menghasilkan foto yang sangat unik, seperti momen tertentu yang sangat jarang terjadi. Imajinasi juga diperlukan misalnya ketika kamu sedang mencari tempat untuk difoto, serta saat kamu menggunakan setting manual pada kamera handphone, dan kamu bisa berimajinasi atau memikirkan hasilnya akan seperti apa. Dan yang terakhir adalah kreatifitas, kreatifitas jua sangat penting untuk mendapatkan hasil foto yang sangat unik. Misalnya kamu saat sebelum memfoto membuat konsep tertentu pada objek sehingga foto yang dihasilkan menjadi lebih unik.

Gunakan Aplikasi Edit Foto.

Jika sudah menerapkan beberapa tips diatas dan hasil foto kamu masih kurang maksimal sebaiknya gunakan aplikasi edit foto, bisanya pada handphone sudah memiliki aplikasi edit foto bawaan, namun jika kamu masih kurang puas dengan aplikasi edit foto bawaan tersebut kamu bisa mencoba menginstall aplikasi edit foto yang lainnya seperti PicsArt, Photoshop dan lain – lain. Serta bagi kamu yang ingin belajar edit foto menggunakan PicsArt silakan kuniungi list tutorial edit foto menggunakan PicsArt.

Demikian tips foto menggunakan kamera handphone ini PhoneGrafi buat supaya hasil foto kamu lebih maksimal. Serta bagi kamu yang mempunyai tips lain silakan sampaikan di kolom komentar.

Related Articles